Wednesday, 1 July 2015

CRM dan B2C… apa sih CRM dan B2C itu??

CRM (Costumer Relationship Management) adalah usaha suatu perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan maksudnya supaya pelanggan tidak lari ke pesaing..hal ini dapat dilakukan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.

Kalo dalam dunia bisnis menjaga hubungan baik dengan pelanggan itu sangat perlu dilakukan karena pelanggan mempunyai peran penting dalam menyukseskan bisnis yang kita punya..maka dari itu seorang pebisnis harus beramah tamah dengan pelanggannya ya misalnya dengan hal kecil yaitu menyapa mereka di social media, karena dengan begitu pelanggan merasa mereka berarti. Dalam hal ini CRM biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki bisnis online karena mengikuti perkembangan zaman yang ada bisnis online sangat marak di dunia internet. Maka untuk menjaga pelanggan, admin memiliki banyak trik untuk membuat pelanggan tetap setia dan tidak beralih ke pesaing lain.

Oiya selain menyapa ini kan momen Ramadan kan banyak pengusaha atau pebisnis besar yang membagi-bagikan THR kepada pelanggan setianya…nahh..itu bisa juga dijadikan alternatif untuk menjaga silaturahmi dengan pelanggan, tapi untuk hal ini biasa dilakukan oleh pebisnis rumahan seperti toko kelontong atau toko pakaian yang belum mengenal system internet..iyaa kan..

Balik lagi ke CRM ni ya.. sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilita perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan.

Pentingnya CRM adalah
  1. Karena tingkat persingan global antar perusahaan kian besar
  2. Fakta untuk mendapatkan pelanggan baru bisa 10 kali biaya untuk menjaga pelanggan yang sudah ada.
  3. Tren bisnis saat ini yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan ke perusahaan kita.
  4. Banyaknya pelanggan yang enginginkan pelayanan purna jual
Dan untuk pengguna CRM sendiri adalah perusahaan berskala besar dan perusahaan berskala kecil. Seperti bisnis online atau perusahaan yang menjual produk ke konsumen lewat internet, ini yang dinamakan B2C.

Business to costumer atau B2C merupakan transaksi ritel dengan pembeli individual. B2C juga berarti mekanisme toko online (electronic Shoping Mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-costumer. Akan tetapi B2C juga memiliki banyak kelemahan

Kebanyakan B2C menjual produk-produk yang sangat dibutuhkan kosumen mulai dari barang atau jasa yang sangat penting sampai yang kurang penting. Kalo didaerah saya, yaa watukelir ada juga bisnis online buat remaja atau anak muda yang suka fashion yaitu HPMR atau HAPPY MORNING itu nama produk pakaiannya. Karena bisnis ini masih baru mungkin sahabat blogger belum tau merk pakaian itu. Fashion ini biasa disukai oleh anak muda yang suka pakaian kelas Distro. Sasaran utama produk ini memang anak muda, dan untuk harganya juga tidak terlalu mahal sekitar 85K sampai 150K. Untuk proses belinya biasanya konsumen harus pesan terlebih dahulu lewat akun twitter atau Via BBM. Bisnis ini didirikan oleh salah satu personil Vitamin C, kalo sahabat pengen tau tentang produk ini bisa Tanya–tanya via twit, @vitaminCpunk.








0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.