Wednesday 1 July 2015

Berbagi Cerita Jadi Animator

Hai, sahabat blogger…menurut kalian membuat film animasi itu susah ga sihh?? Kalo menurutku ada susahnya ada senengnya juga..seneng pastinya kalo kita berhasil membuat film animasi meski hanya sederhana, karena kita bisa tau rasanya jadi seorang animator. Seorang animator film harus memiliki imajinasi yang tinggi karena dengan begitu akan memunculkan ide dan kretifitas dalam membuat animasi sehingga hasil filmnya juga bagus…siapa tau kalo kita berhasil membuat animasi dan kita unggah di sosmed atau youtube nantinya ada perusahaan besar yang ingin bekerjasama dengan kita..hehe
Memang membuat film animasi ga terlalu mudah karena kita harus melakukan beberapa langkah- langkah terlebih dahulu, aku mau sharing beberapa hal tersebut:
  1.  Pertama kita menentukan ide cerita terlebih dahulu
  2. Kemudian membuat synopsis cerita, membuat story line ato bagian- bagian penting dalam cerita maksudnya adegan apa aja yang dilakukan
  3. Membuat story board yang terdiri dari scene, sequence dan lama ato durasi setiap adegan
  4. Harus mendesain karakter terlebih dahulu
  5. Setelah hal hal diatas dilakukan maka tinggal kita membuat animasi yang sesuai dengan keinginan dan jalan cerita yang sudah ditentukan, tetapi sebelum melakukan animasi lebih baik membat background terlebih dahulu karena menurutku akan mempermudah dalam membuat animasi.
  6. Setelah proses animasi selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian suara
Dalam membuat film animasiakan lebih mdah dan ringan apabila dilakukan dalam team work karena dengan bekerja sama maka setiap orang memiliki tugas- tugas tersendirijadi pembuatan film akan lebih ringan dan cepat selesai.

Oiya berikut printscreen ini salah satu hasil dari animasi sederhana yang pernah saya buat. Disini saya hanya menggnakan software macromedia flash saja. Dianimasi tersebut saya membuat cerita tentang dua orang sahabat yang bernama Rembo dan Samuel mereka bertekad untuk datang ke Kota mencari Perguruan Tinggi dikota Surakarta..dalam perjalanannya banyak sekali perjuangannya..dan akhirnya mereka menemukan tujuan yang dicarinya..karena maklum mereka berasal dari desa dan baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Kota Surakarta.. ini dia cuplikan Prinscreennya, maklum masih newbie.
Silahkan Lihat pada Link berikut ya sobat Film Pendek 






Dan lebih lengkapnya lagi kalian bisa melihat di link youtube berikut ini

Saya saelani dewi, terimaksih telah berkunjng dan mohon tinggalkan komentar :)

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.