Tuesday 2 June 2015

Legondo Jajanan Pasar Tradisional Khas Watu Kelir Sukoharjo

Assalamualaikum sahabat blogger.. kali ini aku posting makanan khas dari daerah Watukelir, Jatingarang lebih tepatnya Sukoharjo bagian selatan perbatasan dengan Gunung Kidul..sebenernya didaerah ini banyak sekali makanan khas dan juga jajanan pasar yang bermacam-macam ada tempe alakatak, lopes, kue cucur, sagon dan masih banyak lagi..Opss buat kamu sobat yang belum pernah tau tentang makanan - makanan itu boleh dong kapan-kapan berkunjung ke Watukelir buat nyobain makanan dan juga jajanan khas daerah Watukelir mempung sebentar lagi liburan dan juga kalian bisa eksplore keindahan daerah ini…oiya malah jadi cerita panjang lebar,,tapi kali ini aku mau berbagi info tentang makanan khas yang bernama legondo…wow namanya aja unik..legondo, apa itu legondo??pasti sobat blogger juga pengen tau itu makanan seperti apa dan rasanya gimana,,ini dia yang dinamakan legondo


Jajanan ini banyak dijumpai dipasar tradisional Watukelir selain itu harganya juga murah meriah. Makanan ini cukup menarik ya..karena dikemas dalam balutan daun kelapa kalo dalam bahasa jawa namanya blarak yang biasanya buat janur pada saat pernikahan dan uniknya lagi ditali menggunakan bilahan bamboo, sehingga terlihat sekali jajanan tradisionalnya. Jajanan pasar ini bahan utamanya adalah beras ketan cara bikinnya juga cukup mudah seperti saat membuat jadah, hanya saja legondo ini tidak ditumbuk tetapi masih berbentuk butiran beras, untuk rasa sangat enak sekali, gurih dan ada manis manisnya gitu..awesome pokoknya


Dan buat sahabat yang ingin membuat sendiri dirumah, berikut ini bahan bahan dan cara pembuatan legondo.

Bahan-bahan :

1. Air
2. Kelapa
3. Beras ketan
4. Garam
5. Gula
6. Daun salam
7. Daun kelapa
8. Bilahan Bambu

Cara pembuatan

1. Pertama kali Cuci terlebih dahulu beras ketannya.
2. Kemudian serut kelapa tersebut untuk campuran beras ketan yang akan di masak tadi.
3. Kukus beras ketan tersebut ke dalam panci yang didalamnya sudah ada airnya seperti saat sahabat bloger menanak nasi dan juga taruh daun salam untuk membuat aroma lebih nikmat.
4. Setelah matang, angkat beras ketan yang sudah dikukus tadi dan campurkan dengan serutan kelapa tadi dan juga jangan lupa campurkan garam secukupnya dan gula pasir sesuai selera.
5. Setelah tercampur rata, kemudian kemas dalam balutan daun kelapa kemdian ikat menggunakan   bilahan bamboo.
6. Setelah semua dikemas maka langkah selanjutnya kukus lagi dan tngg beberapa menit, setelah masak maka siap disajikan dan dinikmati bersama teman, saudara, dan juga keluarga.
Gimana tidak terlalu sulit kan?Selamat mencoba, semoga berhasil :) saya saelanidewi terimakasih :)


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.